Kategori: Berita Madrasah


Sidikalang (Inmas). Suasana penuh haru mewarnai acara perpisahan guru kelas MIN 1 Dairi yang purna bakti. Pengabdian selama 30 tahun, sebagai Guru DPK dari Dinas Pendidikan yang telah mengabdi di MIN 1 Dairi yang setiap hari bertatap muka selama bertahun-tahun, tentunya memberikan kesan mendalam terlebih lagi guru adalah orang tua bagi para siswanya di sekolah.

“Bahagia telah tunainya melaksanakan tugas selama 30 tahun,” demikian disampaikan Kepala MIN 1 Dairi saat melepas Lidia Sitanggang yang telah memasuki purna bakti di Halaman MIN 1 Dairi yang disaksikan oleh seluruh guru dan siswa – siswi MIN 1 Dairi, Sabtu, 11 Januari 2020

Dalam sambutannya Kamidun mengatakan purna bakti ini juga merupakan sebuah pencapaian dari sebuah pengabdian yang dilakukan selama menjadi guru dan sudah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan kontribusi mencerdaskan bangsa melalui dunia Pendidikan. “Tunai sudah semua pengabdian selama ini untuk mencerdaskan anak bangsa. Tiga puluh tahun tahun bukan waktu yang sebentar sebagai guru, banyak suka dan duka yang dirasakan pengabdiannya selama ini kepada dunia pendidikan dan masyarakat,” kata Kamidun.

Dipenghujung sambutannya, Kepala MIN 1 Dairi mengucapkan terima kasih kepada Lidia atas segala sumbangsih dan kontribusi selama ini bagi dunia pendidikan dan permohonan maaf atas nama keluarga besar MIN 1 Dairi. Sementara Lidia Sitanggang yang memasuki masa purna bakti ini mengatakan merasa terharu atas acara yang dilaksanakan ini.

Dia mengatakan selama 30 tahun berkarir sebagai guru banyak suka dan duka yang dirasakan. Dirinya paham betul keberadaan sekolah waktu pertama kali berdiri, yang awalnya hanya ruang kelas yang sangat sederhana, sampai dirinya memasuki masa purna bakti tidak pernah dipindah tugaskan ke sekolah lain.

Lidia juga mengatakan sebagai manusia biasa, sudah tentu dalam mengabdi sebagai guru sekolah, banyak kekurangan dan kekhilafan dalam hal tingkah laku, tutur kata, yang disengaja atau tidak.

Demikian pula dalam hal melayani anak-anak, banyak sekali kekurangannya, “Untuk itu saya minta dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya,” katanya.

Di akhir sambutannya, Lidia menitipkan pesan kepada semua guru-guru yang masih mengajar di MIN 1 Dairi agar tetap semangat dalam mencerdaskan anak bangsa melalui dunia Pendidikan dan didiklah anak itu seperti anak sendiri. “Didiklah anak-anak dengan baik dan sabar seperti layaknya kita mendidik anak sendiri,” tutupnya.

Acara pelepasan masa purna bakti tersebut diakhiri dengan pemberian bingkisan dari sekolah sebagai tanda cinta atas pengabdiannya dan diiringi dengan lagu terima kasih guruku. (Hasan)


Sidikalang (Inmas). Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) Sidikalang yang dibawah pimpin Ratimah Matanari S.Ag, MM menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H. Adapun peringatan hari besar ini adalah sebagai bentuk refleksi kecintaan umat kepada Baginda Nabi Muhammad SAW yang harus diajarkan kepada seluruh siswa agar dapat menjadikan beliau menjadi Suri Taulaudan bagi kehidupannya. Peringatan ini dihadiri oleh seluruh siswa dan juga orang tua siswa madrasah. Selain itu para undangan yang terdiri dari Dari Kepala Kantor Kemenag Dairi yang diwakilkan dengan Pengawas Madrasah serta undangan dari Yayasan Pendidikan Al-Ikhlas. Kegiatan dilaksanakan di halaman MTsS Sidikalang, Rabu (13/11).

Dalam sambutannya Ratimah Matanari menyampaikan bahwa terlaksananya kegiatan ini juga tidak terlepas dari dukungan dan partisipasi baik dari kemenag dairi dan terkhusus kepada orang tua siswa yang sangat dibanggakan. Sebagai Umat Nabi Muhammad SAW sudah sepantasnya kita mengingat dan menjadikan kisah dan perjalanan hidupnya kita jadikan sebagai pedoman dalam melewati hidup ini, sebut Ratimah.

Banyak pelajaran-pelajaran yang penuh hikmah yang dapat kita ambil dari kepribadian beliau sehingga kita dapat menjalankan ibadah dengan baik dan benar. Itulah landasan yang harus kita tanamkan kepada seluruh anak didik dimadrasah agar mereka mengenal dan mencintai beliau serta sunnah-sunnahnya. Apalagi di tengah-tengah zaman sekarang yang penuh dengan era globalisasi yang dipenuhi akan kecintaan-kecintaan dunia tanpa memikirkan akhirat. “Maka dari pada itu MTsS Sidikalang berkomitmen penuh untuk mempersiapkan anak didik untuk dapat memiliki bekal pengetahuan dan juga agama yang baik, imbuhnya.

Pengawas Pendidikan untuk tingkat MTs Drs. Parhuman Harahap  mewakili Kepala Kantor Kemenag Dairi Drs. H. Saidup Kudadiri. MM menyampaikan apresiasi dan ucapat selamat untuk pelaksanaan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Semoga apa yang di laksanakan hari ini mendapat berkah dari Allah SWT dan mendapat hikmah dari pembelajaran dari pribadi Nabi Muhammad SAW. (LM/bk03)


Sidikalang (Inmas). MIN 1 Dairi gelar rapat bulanan di ruang guru pada Kamis (7/11) dimulai pada pukul 14.00. Hadir dalam rapat ini kepala dan seluruh guru – guru MIN 1 Dairi. Rapat ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan pada minggu pertama setiap bulannya. 

Kepala MIN 1 Dairi Kamidun Solin dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh guru – guru yang telah meluangkan waktunya untuk mengikuti agenda rapat bulanan pada hari ini. Semoga kehadiran dan antusias kita dalam rapat kali ini menjadi kesepakatan kita bersama, yang nantinya akan kita aplikasikan di kelas masing – masing.

Dalam rapat kali ini difokuskan untuk sharing antara guru – guru dalam hal berbagai program yang sedang dikembangkan di tahun ajaran 2019/2020 ini. Alhamdulilah berbagai program pengembangan mutu pendidikan yang berorientasi kepada pembinaan akhlak anak mendapat respon yang sangat positif dari seluruh warga madrasah termasuk orangtua, komite dan pemerhati pendidikan di MIN 1 Dairi ini, demikian disampaikan Kamidun diawal sambutannya.

Dalam pemaparannya, Kamidun menyampaikan program peningkatan mutu pendidikan yang telah dijalankan di MIN 1 Dairi ini. Diantaranya pembentukan kelas tahfidz Qur’an, Tilawah Qur’an telah dilaksanakan di MIN 1 Dairi. Juga membudayakan SASIS (Sambut Salam Siswa) sebagai langkah awal untuk meningkatkan budi pekerti siswa terhadap orangtua dan guru, peningkatan kegiatan ekstrakurikuler siswa mulai dari kegiatan keagamaan dan olah raga. Pengamalan ibadah berupa shalat sunat Dhuha, dan shalat Zhuhur Berjama’ah yang telah dipandu dan dibimbing oleh guru – guru MIN 1 Dairi. Alhamdulilah kesemuanya berjalan dengan baik. Mari kita tingkatkan terus potensi dalam mewujudkan Madrasah Hebat dan Bermartabat, ungkapnya.

Selanjutnya dalam rapat ini juga ditetapkan berbagai keputusan untuk ditindak lanjuti beberapa hari kedepan seperti persiapan untuk pelaksanaan ujian semester di bulan Desember nanti, pencapaian ketuntasan CALISTUNG di kelas 1 dan 2, pembinaan dokter kecil, dan berbagai program yang sudah disepakati yang akan dilaksanakan beberapa hari kedepan ini. (Hasan)


Sidikalang (Inmas). Sudah menjadi tugas pokok seorang Pengawas Sekolah untuk berkunjung ke sekolah – sekolah binaan. Seperti halnya pada hari Kamis (7/11), MIN 1 Dairi mendapat jatah kunjungan dari Pengawas MI Kankemenag Dairi Hj. Sri Dewi Angkat, S.Ag, MM. Kunjungan dari pengawas diterima langsung oleh Kepala MIN 1 Dairi Kamidun Solin.

Sridewi Angkat mengatakan bahwa kunjungan hari ini sesuai dengan jadwal akan melakukan suvervisi di lingkungan MIN 1 Dairi. Dari hasil suvervisi ini mana yang perlu dilakukan perbaikan akan didiskusikan dengan kepala madrasah. Terlebih tentang lingkungan di madrasah ini. Mulai dari penataan taman, kebersihan, dan kesiapan guru – guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas.

“Alhamdulilah semuanya berjalan dengan baik. Terima kasih kepada stake holder MIN 1 Dairi yang selalu berkomitmen untuk melaksanakan tugas dengan sebaik – baiknya” demikian disampaikan Sridewi Angkat.

Kepala MIN 1 Dairi Kamidun Solin, menyampaiakan ucapan terima kasih kepada pengawas yang telah hadir, dan terus memberikan motivasi kepada kami dan juga guru – guru di madrasah ini. Alhamdulilah motivasi dan arahan yang disampaikan selama ini telah kami laksanakan dengan baik.

Dijelaskan kembali bahwa MIN 1 Dairi perlahan tapi pasti, dalam hal penataan lingkungan madrasah yang sudah dilakukan semaksimal mungkin. Lingkungan yang sehat ditandai dengan terpeliharanya kebersihannya. Sehingga warga madrasah dapat melaksanakan aktivitasnya di madrasah ini. Bagi siswa nyaman untuk belajar dan bagi guru nyaman juga dalam mengajar. Hal ini terlihat dari adanya dukungan dari orang tua melalui Komite Madrasah. Halaman yang telah diprakarsai oleh komite telah terbangun Paving Blok dan pembangunan pondok Tahfidz yang telah mencapai 90 % tahap penyelesaiannya.

Ditambahkan, bahwa terkait dengan kehadiran pengawas hari ini merupakan suatu kehormatan besar bagi kami. Berhubung karena khusus hari ini di MIN 1 Dairi melaksanakan Outdoor Classroom Day atau Belajar Sehari di luar kelas. Maka kami berharap pengawas ikut melihat dan bergabung bersama dengan guru-guru dan siswa untuk pelaksanaan kegiatan hari ini, ujarnya (Hasan).


Sidikalang (Inmas). UPT Puskesmas Huta Rakyat di MIN 1 Memberikan makanan tambahan pada siswa kelas 1 MIN 1 Dairi. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis (7/11) dan langsung diserahkan kepada siswa – siswi kelas 1 MIN 1 Dairi. Penyerahan secara simbolis dilaksanakan kepada beberapa orang siswa yang disaksikan oleh Kepala dan juga pengawas MI Kecamatan Sidikalang.

Kepala UPT Puskesmas Huta Rakyat menyatakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk penambahan gizi kepada anak – anak sekolah. Dengan harapan seluruh anak – anak bisa konsentrasi dalam belajar, terhindar dari berbagai macam penyakit yang bersumber dari makanan. Melalui tambahan makanan ini juga diharapkan seluruh orangtua memantau jenis makanan untuk membentuk pola hidup sehat bagi anak-anak.

Sementara kepala MIN 1 Dairi Kamidun Solin menyatakan mewakili dari seluruh keluarga besar MIN 1 Dairi kami mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh tim yang sudah datang dan peduli kepada anak – anak disini. Dan langsung terjun membagikan makanan tambahan kepada anak – anak. Alhamdulilah semoga ini bermanfaat kepada anak – anak, sebagai penambah semangat dan motivasi dalam belajar, ungkapnya.

“Yang namanya anak – anak jika diberikan makanan tambahan berupa roti dengan gratis kepada mereka, saya yakin mereka semua akan senang dan pasti akan memberitahukan kepada orangtua mereka. Mudah – mudahan kepada tim ini menjadi shadaqah jariyah dan dimudahkan rezekinya”, ujar Kamidun.

Dari pantauan inmas kegiatan ini berlangsung dengan khidmat dan seluruh peserta didik MIN 1 Dairi dengan antusias menerima pemberian makanan tambahan ini kepada tim dan secara serentak mengucapkan “terima kasih ya bu” sambil memakan roti tersebut. (Hasan).


Sidikalang (Inmas). Dalam rangka memperingati Hari Anak Universal atau Universal Children’s Day, Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) melakukan kunjungan ke MIN 1 Dairi pada Kamis (7/11). Mereka disambut dengan antusias oleh keluarga besar MIN 1 Dairi.

Kepala MIN 1 Dairi Kamidun Solin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang telah hadir ke MIN 1 Dairi ini. Melalui pemkab dairi ini juga telah menetapkan MIN 1 Dairi sebagai salah satu Sekolah Ramah Anak (SRA). Tentu segala yang berhubungan dengan tuntutan dan hak – hak anak insya Allah terpenuhi di madrasah ini.

Dia juga menjelaskan bahwa kegiatan hari ini adalah melaksanakan Outdoor Classroom Day atau belajar sehari di luar kelas. Yang dimulai pada pukul 07.00 hingga 11.00. Alhamdulilah seluruh anak – anak bersemangat mengikutinya. Bahkan setelah melihat kegiatan hari ini, dia berharap bahwa belajar sehari di luar kelas ini bisa dilaksanakan oleh seluruh guru-guru dalam menyampaikan materi pembelajaran di hari – hari mendatang.

“Proses pembelajaran yang aktif, kreatif, menyenangkan dan inovatif jika adanya interaksi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa dan siswa dengan lingkungan. Kepada guru – guru saya berharap manfaatkan lingkungan sebagai media atau bahan ajar yang menarik bagi anak-anak. Sebagaimana kegiatan yang sudah berjalan pada hari ini” demikian dijelaskan Kamidun Solin.

Perwakilan dari DPPA Kabupaten Dairi mengatakan dalam kunjungan kali ini adalah untuk melihat dan memantau pelaksanaan Outdoor Classroom Day atau Belajar Sehari di luar kelas di MIN 1 Dairi. Kegiatan ini serentah dilaksanakan di seluruh Indonesia, maka sebagai peraih Sekolah Ramah Anak, maka kami lihat MIN 1 Dairi ini layak untuk mendapatkannya. Mudah – mudahan kegiatan ini mendapat nilai positif bagi seluruh masyarakat dan terkhusus bagi warga sekolah. (Hasan)


Sidikalang (Inmas). Dalam rangka menyambut Hari Anak Internasional, MIN 1 Dairi melaksanakan sejumlah  kegiatan belajar sehari  di luar kelas pada Kamis (7/11) bertempat di lingkungan MIN 1 Dairi. Kegiatan ini dimulai dari pukul 07.00 sampai 11.00. Hadir dalam acara ini seluruh guru-guru MIN 1 Dairi dan Pengawas MI Kecamatan Sidikalang.

Kepala MIN 1 Dairi Kamidun Solin dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengampanyekan dan mengembangkan sekolah ramah anak (SRA) di MIN 1 Dairi. Dengan harapan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kreativitas anak.

Ditambahkan bahwa sesuai dengan arahan Kementerian Pembedayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Kemendikbud yg ditegaskan lagi oleh Dinas Pendidikan dengan nomor surat Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi Nomor 420/4918/2019 tanggal 30 Oktober 2019 dan Dinas PPPA Kab Dairi melalui surat nomor 1473/DPPA/2019 tanggal 28 Oktober 2019 perihal sehari belajar di luar kelas, maka hari ini seluruh dunia dan khusus Indonesia melaksanakan OCD (Outdoor Classroom Day) atau Belajar Sehari di luar kelas.

Tujuannya adalah untuk melaksanakan pembelajaran secara nyata dan berguna untuk meningkatkan pengetahuan dan tumbuh kembang anak serta mendukung budaya dan cinta tanah air serta kreativitas dalam upaya pembuatan Pendidikan Karakter. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan, tumbuh kembang dan kreativitas anak, serta menjadikan anak lebih cerdas dan gembira dalam rangka pemenuhan hak anak, karena kegiatan ini adalah salah satu bentuk pengembangan sekolah ramah anak, demikian disampaikan Kamidun Solin.

Adapun rangkaian kegiatan ini diawali dengan melakukan penyambutan terhadap siswa didepan gerbang madrasah dengan metode SASIS (Sambut, Salam, Siswa) yang dilaksanakan setiap harinya. Kemudian siswa diarahkan berbaris dilapangan untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, lagu – lagu nasional dan yel yel Sekolah Ramah Anak. Rangkaian selanjutnya acara sarapan pagi bersama di lapangan.  

Kegiatan berikutnya adalah literasi, siswa melakukan kegiatan membaca buku secara bersama sama di pekarangan madrasah, baik itu buku pelajaran maupun buku cerita dan pengetahuan umum. Kegiatan ini mendapat respon yang luar biasa dari siswa karena sangat menghibur dan membangkitkan semangat untuk berkreasi bagi siswa. Tepuk hak anak dan yel yel Sekolah Ramah anakpun juga ikut memeriahkan acara ini. Kegiatan belajar sehari di luar kelas di ini pun ditutup dengan menyanyikan lagu “ Maju Tak Gentar”. (Hasan)


Sidikalang ( Inmas). MAN Dairi mengirimkan enam siswa dalam pembinaan cabang Fahmil Qur’an dan Syarhil Qur’an Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 yang berlangsung di Aula Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara  tanggal 06 Nopember 2019.

Kepala MAN Dairi Amry Al-Anshary, S.Pd,MM merasa bangga karena siswa yang selama ini di percayakan mampu ikut dalam pembinaan Cabang Fahmil Qur’an dan Syarhil Qur’an mudah-mudahan dalam pembinaan ini siswa MAN Dairi semakin bermutu.

Dimana dalam satu tim terdiri dari tiga orang,  dalam tim cabang Fahmil Qur’an yaitu Titi Anzari Berutu, Khoiriana Simbolon, Nurliana Situmorang, dan tim cabang Syarhil Qur’an yaitu Niko Widodo Kusuma, Khairul Azhap, Fani Ceria Lauli.

Rasa bangga dan dukungan semangat pun di berikan oleh Guru-guru MAN Dairi kepada Siswa-siswi  MAN Dairi . ( RN )


Sidikalang (Inmas). Ektrakurikuler Marhaban MAN Dairi menampilkan Marhaban pada acara syukuran khitanan anak Pak Rohman, S.Pd.I di rumah salah satu guru MAN Dairi, Senin 04/11.

Dimana tim marhaban ini adalah kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah dan akan dipandu oleh seorang Guru yang dapat mengusai tentang  marhaban, antusias anggota marhaban dalam pelajaran nada dan maqrod yang telah di sampaikan guru pembina dapat di cerna dengan baik oleh anggota marhaban.

“salah satu tamu dalam acara tersebut staf UINSU Pak Edy Siregar, SE mengatakan bahwa penampilan Marhaban MAN Dairi sudah begitu bagus dan bisa terjun kemasyarakat, beliau sangat mendukung dalam esktrakurikuler tersebut”. Dan sudah beberapa kali terjunya anggota marahaban MAN Dairi ditanggapi dan dilayani baik oleh masyaratakat dan sampai sejauh ini pembina marhaban tersebut belum pernah mendengar kata mengecewakan ahlibait.

Harapan orang tua kepada pihak sekolah semoga tim marahaban tersebut tidak vakum di sini saja dan berjalan terus dan bagi siswa yang telah paham dan mengerti dapat membina kepada adek kelasnya, maka dengan itu generasi marhaban selalu ada, dan siap bila di butuhkan masyarakat.


Sidikalang (Inmas). Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTS) Sidikalang melaksanakan Simulasi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional berbasis Komputer (UAMBN BK). Kegiatan simulasi ini sesuai dengan petunjuk tekhnis UAMBN BK yang mewajibkan bahwa pelaksanaan simulasi itu harus dilaksanakan. Simulasi bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pengalaman bagi siswa dalam mengerjakan soal ujian dengan komputer. Kegiatan simulasi ini dilaksanakan di Ruang laboratorium Komputer MTS Sidikalang, Jum’at (01/11). Kegiatan Simulasi ini di pantau langsung oleh Kepala MTS Sidikalang Ratimah Matanari S.pd.I. MM dan juga guru Mata pelajaran yang diujikan serta operator (proktor) yang mengoperasikan Server.

Kepala MTS Sidikalang Ratimah Matanari menyampaikan bahwa pelaksanaan simulasi gelombang pertama ini dengan mengujikan mata pelajaran  Qur’an Hadist dan diikuti oleh 79 Siswa. Ratimah matanari menyadari bahwa banyaknya peserta simulasi harus mengatur jadwal yang bergantian karena komputer yang ada di labolatorium kurang memadai dan hanya sebanyak 30 unit. Ucapan sukur diucapkan bahwa lonjakan siswa dalam beberapa tahun ini sangat pesat untuk MTs Sidikalang, jadi fasilitas belum dapat disediakan secara keseluruhan.

Ratimah Matanari menambahkan bahwa kegiatan simulasi ini sangat mendukung bagi siswa yang akan menghadapi UAMBN BK yang akan dihadapi diakhir sekolah untuk medapatkan kelulusan. Mereka menjadi terbiasa dan dapat menyesuaikan antara membaca soal dengan menjawabnya. Ini sebenarnya sudah sering kita lakukan bagi siswa karena dalam pembelajaran komputer juga saya menyampaikan kepada guru untuk sekalian mengajarkan simulasinya, imbuhnya.

Maka dengan dilaksanakannya simulasi ini dapat menghasilkan siswa yang nantinya mendapat prestasi dan lulus dengan hasil terbaik sebagaimana harapan sekolah dan orang tuanya. Dan MTs Sidikalang selalu menjalankan komitmen untuk melaksanakan UAMBN BK itu terbukti sudah 3 tahun ini kita melaksanakannya dan syukur kepada tuhan dapat berjalan dengan baik dan sukses, tukasnya. (LM/sbk03)

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com