Kategori: Berita Seksi

berisi berita lainnya


Sidikalang (Humas). Bimas Katolik Kantor Kantor Kementerian Agama Kab. Dairi menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Katolik Tingkat Dasar Angkatan II. Kegiatan dilaksanakan di Rosin Palm Cafe and Resto, Sidikalang, Dairi Kamis (16/09).

Kegiatan pembinaan dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dairi, Drs. H. Saidup Kudadiri, MM  didampingi Kepala Seksi Bimas Katolik Antoni Petrus Silalahi, SE.

Dalam sambutannya, Kakan Kemenag memberikan arahan dan bimbingan. Beliau menekankan pentingnya kesadaran guru akan tugaa dan tanggung jawab.

“Guru harus menyadari tugas dan tanggungjawabnya sebagai guru, sebagai guru profesional. Rasa tanggungjawab terhadap pendidikan dan masa depan anak harus disadari. Ini akan mendorong guru untuk melakukan yang terbaik, sesulit apapun keadaan, pasti tetap bekerja”, pungkas Kakan Kemenag dalam arahannya.

Kakan Kemenag berharap guru mengikuti pembinaan dengan sungguh sehingga berdampak positif untuk meningkatkan kompetensi guru, terutama di masa pandemi ini.

Setelah bimbingan dan arahan kepala kantor, kegiatan dilanjutkan dengan materi dari narasumber, Bernandus Munte, S.Ag. M.Pd., guru agama katolik di SMA Negeri 1 Sidikalang.

Bernandus Munte memaparkan
strategi pembelajaran kreatif pada pembelajaran jarak jauh. Salah satu strategi yang dikupas tuntas dan dipraktekkan bersama peserta adalah penggunaan google formulir dalam pembelajaran.

Bernandus Munte memberi penjelasan pengunaan dan manfaatnya dalam pembelajaran jarak jauh. Beliau menuntun peserta menyajikan bahan evaluasi pembelajaran, seperti membuat soal atau kuis yang menarik dan memudahkan guru memberi penilaian. Peserta mengikuti dengan praktek langsung menggunakan google formulir di laptop masing-masing. (lm)


Sidikalang (Humas). Seksi Bimas Katolik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dairi menyelenggarakan Pembinaan Peningkatan Kompetensi Guru Agama Katolik Tingkat Dasar di Rosin Palm Cafe And Resto Sidikalang, pada Rabu (15/09).

Pembinaan ini diikuti oleh guru agama katolik sebanyak 25 orang yang terdiri dari guru pengangkatan kemenag, pemda maupun honorer.

Kegiatan Pembinaan dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dairi Drs. H. Saidup Kudadiri, MM. Dalam sambutannya, Kakan menekankan pentingnya guru meningkatkan kompetensinya sebagai pendidik dan pengajar. Perangkat aplikasi sebagai hasil kemajuan teknologi hendaknya dipakai sebagai sarana media pembelajaran, apalagi di tengah pandemi ini, yang membatasi pergerakan dan perjumpaan tatap muka dengan anak didik.

Materi pembinaan diberikan oleh narasumber Bernardus Munte, S.Ag., M.Pd. Beliau mengajak dan menuntun guru menggunakan aplikasi-aplikasi seperi Google Classroom, Zoom Meeting sebagai media pembelajaran daring. (lm)


Sidikalang (Humas). Seksi Bimas Katolik Kantor Kementerian Agama KabupatenDairi menerima kunjungan kerja Pembimas Katolik Kanwil Kemenag Provinsi Sumut, Selasa (24/08).

Kasi Bimas Katolik Antoni Petrus Silalahi, SE bersama pengawas dan penyuluh menyambut rombongan pembimas di ruangan Seksi Bimas Katolik. Bersama Bapak Pembimas Pendi Justianus Lukas Sinurat, M.Pd, turut hadir Ibu Pinta Pandiangan, M.AP dan Rommel Rajagukguk, SE.

Dalam kunjungannya, Pendi berharap kepada Seksi Bimas Katolik di Dairi untuk selalu meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada umat di daerah, serta tetap menerapkan nilai budaya kerja Kementerian Agama, yaitu Integritas, profesionalitas, inovasi, tanggungjawab dan keteladanan.

Pendi juga menekankan untuk selalu berkoordinasi dan menjalin kerjasama yang baik dengan pastor paroki, sebagai mitra kerja. Umat yang dilayani pastor itu juga yang dibimbing oleh bimas katolik. “Kita harus bersinergi dengan Gereja, dengan Paroki” tandasnya. (lm/mm)


Sidikalang (Humas). Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke -76 tepatnya tanggal 17 Agustus 2021, Penyuluh Agama Kristen Non PNS Kemenag Dairi mengadakan beberapa jenis perlombaan untuk kelompok binaan di desa-desa yang berada dalam wilayah zona hijau dengan cara dibatasi dan sederhana. Kegiatan tersebut dilaksanakan Selasa (17/8) di Komplek SKB Panji Sitinjo, sehubungan dengan ditiadakannya perlombaan atau acara yang biasanya dilombakan dalam memeriahkan HUT RI di Kecamatan, Sekolah, maupun desa-desa karena situasi pandemic Covid-19.

Agar suasana semangat kemerdekaan itu tetap terjaga, maka Penyuluh Agama Kristen yang wilayah binaannya masuk ke dalam zona hijau mengadakan lomba hanya untuk kalangan kecil yakni kelompok binaan yang berjumlah 10 orang. Lomba lari sambil bawa guli, makan kerupuk, dan lari goni mewarnai kemeriahan kemerdekaan kali ini yang dilaksanakan di halaman lapangan terbuka dengan tetap menjaga jarak. Beberapa Penyuluh yang lain di tempat yang berbeda juga mengisi kemerdekaan dengan kebersihan lingkungan gereja, cerdas cermat, menyanyikan lagu-lagu nasional, upacara singkat, dan lain-lain.

Semua anggota kelompok binaan yang ikut dalam perlombaan tersebut antusias dan bersemangat mengikuti lomba sehingga seluruh daya dan tenaga, kerjasama yang baik dikerahkan dengan harapan menjadi pemenang. Suasana sukacita juga puas tampak dalam raut wajah mereka. Peserta kelompok binaan berdoa dan berharap pandemic ini segera berakhir sehingga memeriahkan Kemerdekaan RI untuk tahun yang akan datang lebih meriah dan semarak lagi di semua tempat.

“Kita telah melihat betapa semangatnya anak-anak memeriahkan Kemerdekaan ini. Hal ini menandakan bahwa mereka rindu suasana kemerdekaan seperti sedia kala. Kita juga memberi pengertian kepada mereka bahwa para pahlawan bangsa ini juga bersusah payah dan mengerahkan semuanya untuk mempertahankan bangsa ini. Maka tugas kita sebagai generasi penerus adalah mengisinya dengan belajar keras, mencintai negara kita dan menjaga persatuan” ungkap Wardianto selaku Penyuluh.

Di akhir acara, para pemenang pun diberi hadiah ala kadarnya. Hadiah yang tidak dilihat dengan nilai, tapi berisi dengan sukacita dan kebersamaan. (lm)


Sidikalang (Humas). Pelaksanaan upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia jajaran Kantor Urusan Agama Kecamatan Sidikalang berlangsung penuh khidmat. Upacara dilaksanakan di halaman KUA Kecamatan Sidikalang, Selasa (17/8).

Bertindak sebagai inspektur upacara mewakili Plt. KUA Kecamatan Sidikalang, Khairil Anwar, S.H.I. unsur peserta terdiri dari Penghulu, Staf KUA, Penyuluh Agama Islam Honorer, serta Pramubakti.

Dalam amanatnya, inspektur upacara mengatakan bahwa kemerdekaan haruslah diseleraskan dengan nilai-nilai budaya kerja Kementerian Agama RI dalam melaksanakan tugas. “Momentum kemerdekaan RI ke-76 yang kita peringati hari ini, menjadi tolok ukur kita sebagai pegawai Kementerian Agama RI untuk mengaplikasikannya dalam nilai-nilai budaya kerja instansi kita. Dengan demikian nilai kemerdekaan menjadi lebih bermakna untuk masyarakat,” jelas inspektur upacara.

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia juga turut diwarnai pembacaan naskah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, sebagai untaian dan kilas sejarah perjuangan bangsa Indonesia menggapai kemerdekaan. (lm/hs)


Sidikalang (Humas). Kasi Bimas Katolik Kantor Kementerian Agama Kab. Dairi Antoni Petrus Silalahi, SE menghadiri perayaan Penerimaan Sakramen Krisma di Paroki Sumbul, tepatnya di Gereja Santo Thomas Gunung Selamat, pada hari Kamis (1/07).

Perayaan Penerimaan Sakramen Krisma dipimpin oleh Uskup Agung Medan Mgr. Kornelius Sipayung, OFMCap, didampingi Vikep Romo Kartolo Malau, O.Carm, Pastor Paroki Romo Gunawan, O.Carm, Romo Nampak, O.Carm dan Romo Ferianto, O.Carm sebagai konselebran.

Sakramen Krisma diterimakan kepada 200 orang umat dari beberapa gereja stasi di Paroki Sumbul. Sakramen Krisma merupakan salah satu sakramen inisiasi dalam gereja katolik. Dengan penerimaan sakramen ini, umat semakin memahami keikutsertaan dalam tugas perutusan Gereja. Roh Kudus menjadi daya penggerak dan penjiwa seluruh umat beriman dalam hidupnya.

Perayaan Sakramen Krisma dilaksanakan dengan agung dan hikmat dengan mematuhi protokol kesehatan.

Usai Perayaan Sakramen Krisma, Kasi Bimas Katolik bersilaturahmi dengan uskup. Kasi dan uskup berbincang tentang sinergitas Bimas Katolik dengan Paroki. Bimas Katolik Dairi bekerjasama dengan paroki-paroki yang ada di Kab. Dairi dan turut serta memberikan bimbingan kepada masyarakat Katolik. (lm)


Sidikalang (Humas). Kasi penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dairi Drs. H. Dunggar Angkat, MM turut serta menghadiri Rapat Koordinasi Penyusunan Pagu Defenitif Anggaran Haji Tahun 2022, Rabu (30/6).

Rapat koordinasi penyusunan pagu defenitif lingkup Penyelenggaraan Haji dan Umrah se-Suamtera Utara tersebut dilaksanakan di Prime Plaza Hotel Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang Rabu s.d Jum’at, 30 Juni s.d 02 Juli 2021. Rapat koordinasi tersebut dilaksanakan dengan mengundang peserta rapat yang terdiri dari Kasi PHU Kabupaten/Kota sebanyak 33, operator 23.

Rapat koordinasi dibuka dengan mendengarkan arahan dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Syahrul Wirda, MM menyampaikan bahwa kunci Kementerian Agama meraih WTP 5 kali berturut-turut yakni berhasil menyusun dan menyajikan laporan keuangan dengan capaian standar tertinggi dalam Akutansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah secara efektif, akuntabel, dan kredibel.

“Alhamdulillah, Kementerian Agama RI kembali meraih WTP dari BPK RI atas hasil pemeriksaan laporan keuangan tahun 2020. Ini adalah kerja keras Gus Menteri, Pak Sekjen, para pimpinan kita di pusat, kemudian para kanwil, pimpinan perguruan tinggi, dan seluruh pejabat Kementerian Agama. Maka penting bagi kita untuk terus memaksimalkan kinerja agar lebih baik lagi,” ungkap Kakanwil.

Selain itu Kakanwil Kemenagsu ingin agar seluruh jajaran di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara terkhusus dalam penyelenggaraan Haji dan Umrah agar perencanaan, pelaksanaan, laporan dan tanggung jawab dilakukan dengan baik.

Sementara itu, Drs. H. Dunggar Angkat saat dikonfirmasi humas mengatakan, rapat koordinasi berlangsung secara dinamis, diwarnai dengan antusiasmenya para peserta rapat selama berlangsungnya rapat. Banyak peserta yang menyampaikan pertanyaan dan masukan terkait dokumen perencanaan pagu defenitif PHU 2022.


Sidikalang (Humas). Kepala Sub Bagian Tata Usaha (KTU) pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dairi Mahdi Kudadiri, S.Pd.I, MM mengikuti webinar Refreshment Pejabat Penandatangan Surat Perintah Membayar (PPSPM) pada Rabu (23/06). Serta H. Inur Sagala, S.Ag (Kasi Pendidikan Islam), Edward Nelson Manik (Kasi Bimas Kristen), Antoni Petrus Silalahi, SE (Kasi Bimas Katolik) dan Drs. Dunggar Angkat, MM (Penyelenggaraan Haji dan Umrah) pada Selasa (22/06) mengikuti webinar yang sama namun dalam kategori Pejabat Pembuat Komitme (PPK) bertempat di Aula Kemenag.

Webinar tersebut diselenggarakan oleh Kanwil DJPb Sumatera Utara yaitu  Refreshment dalam rangka Penilaian Kompetensi Pejabat Penandatangan Surat Perintah Membayar (PPSPM) dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satuan Kerja Pengelola APBN mitra KPPN di Lingkup Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan secara daring.

Mahdi Kudadiri usai mengikuti webinar mengatakan bahwa, kegiatan dilaksanakan dalam rangka merefresh kembali tugas kewenangan PPSPM. Mengingat masalah keuangan merupakan hal yang sangat sensitif dan perlu kehati-hatian. Untuk itu, melalui refreshment ini bisa memperdalam dan memperluas ilmu sehingga dikemudian hari Kemenag tidak tersandung masalah dalam pelaporan kegiatan.

Mahdi menambahkan kegiatan tersebut adalah salah satu bentuk penyegaran (refreshment) untuk PPSPM agar lebih memahami lagi tanggung jawab sebagai PPSPM dalam hal Pelaksanaan APBN baik untuk menyangkut tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah terkait PPSPM, Perpajakan atas Pembayaran Beban APBN, dan Pengujian Tagihan Belanja Negara. Jelasanya.

Sementara itu, Dunggar Angkat menyampaikan kegiatan kemarin sangat-sangat penting untuk di ikuti, dilaksanakan dan ditindak lanjuti, karena Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) aktor penting dalam pengadaan barang dan jasa karena PPK bertanggungjawab secara adminsitrasi, teknis dan finansial terhadap pengadaan barang dan jasa sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010, ucap Dunggar Angkat. (lm)


Sidikalang (Humas). Pendidikan Agama Kristen Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dairi usai Upacara Hari Kesadaran Nasional, menggelar rapat evaluasi bersama jajarannya. Rapat dipimpin oleh Kepala Seksi Jakaban Siregar, SE, M.Pd. Kamis, (17/06) bertempat diruangan seksi Pendidikan Agama Kristen.

Dalam kesempatan tersebut Jakaban menyampaikan bahwasannya capaian kinerja yang sudah dilaksanakan harus dievaluasi dan  hal-hal yang sifatnya menjadi kelemahan  supaya ditindaklanjuti untuk perbaikan yang lebih baik kedepannya.

”Setiap pekerjaan yang kita kerjakan pasti ada titik lemahnya, dan tidak luput dari kesalahan, hal itulah yang menjadi acuan kita kedepan untuk lebih baik lagi “, demikian katanya.

Kepada Pengawas Ia mengharapkan sebagaimana guru sebagai pengajar, mendisiplinkan, membimbing dan mengarahkan, melatih, mengevaluasi, dan memberi penilaian, serta Pengawas juga harus  menunjukkan hasil kerja keras semaksimal mungkin dan diharapkan untuk kedepannya dapat lebih ditingkatkan lagi.

Dan kepada staf dan fungsional yang ada di seksi pendidikan Kristen, Jakaban mengharapkan agar berkinerja lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan dan kinerja yang terbaik.

“Mari kita berikan layanan terbaik dan kerjakan tugas-tugas kita dengan sebaik-baiknya” Tukas Jakaban Siregar (lm)


Sidikalang (Humas). Pengawas Pendidikan Agama Kristen Kemenag Dairi untuk Tingkat Dasar Makmur Domitianer Bancin,S.Th melaksanakan Supervisi Penilaian Pendidikan Agama Kristen kepada Salam Pinem  Guru Agama Kristen UPT. SD Negeri No. 030439 Lau Meciho, Kecamatan Tigalingga Kabupaten Dairi, Selasa, (15/06).

Makmur mengatakan dengan terselenggaranya pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah dan Ujian Semester Tahun Pembelajaran 2020/2021 sebagai pengawas perlu melaksanakan supervisi berupa  pemantauan  kesekolah-sekolah terkait hasil penilaian akhir.

Dia juga mengatakan hasil penilaian  akhir tersebut selanjutnya akan direkapitulasi per kecamatan dan dikumpulkan menjadi data Kabupaten Dairi sebagai hasil Rata-rata Nilai Ujian Pendidikan Agama Kristen Tahun Pembelajaran 2020/2021.

Sebagaimana amanat dari Kasi Pendidikan Kemenag Dairi Jakaban Siregar,SE,M.Pd yang menyatakan walaupun  masa Pandemic Covid-19, kita sebagai Pendidik dan Tenaga Kependidikan wajib memastikan Naradidik memperoleh pendidikan dan pengajaran yang diterima dari Guru.

Berkenaan dengan hal tersebut sesuai dengan program kepengawasan yang telah disusun sebelumnya hasil Supervisi Penilaian walaupun masa Pandemi Covi-19 ini menjadi acuan untuk menyusun program dan evaluasi kepengawasan kedepannya, Harapan kita bersama wabah Covid-19 ini tidak mengurangi mutu dan kualitas pendidikan demikian tutupnya. (lm)

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com