Kategori: Berita Utama

berisi berita utama


Sidikalang (Humas). Memperingati Hari Kesadaran Nasional (HKN), Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dairi melaksakannya dengan menggelar upacara bendera. Untuk upacara kali ini, Jumat (17/09), Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dairi Drs. H. Saidup Kudadiri, MM bertindak sebagai pembina upacara.

Sementara itu untuk petugas yang terdiri dari pemimpin upacara, pembaca tata tertib, pembaca kode etik, panca prasetya, ajudan dan pembawa do’a diisi oleh jajaran kepala KUA dan Penghulu. Para peserta upacara HKN terdiri dari seluruh Kepala Seksi (Kasi), Penyuluh, Pengawas dan ASN di lingkup Kemenag Dairi, Pramubhakti serta para siswa/i Prakerin.

Dalam sambutannya, Kakan Kemenag Dairi mengemukakan, Hari Kesadaran Nasional yang diperingati pada tanggal 17 setiap bulannya memiliki makna penting untuk memantapkan kualitas pengabdian serta meningkatkan kecintaan kepada bangsa dan negara.

Selain itu, dikatakan Kakan Kemenag, Hari Kesadaran Nasional dilaksanakan sebagai salah satu wujud nyata pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan kepada kita semua sebagai aparatur negara.

Selanjutnya, Kakan Kemenag, Hari Kesadaran Nasional merupakan momentum untuk adanya perubahan kearah positif, mulai dari disiplin, dalam peningktan kwalitas kinerja, sehingga performance Kemenag Dairi ke depan semakin baik dan meningkat dan mendapat tempat dihati masyarakat.

Diakhir sambutan Kakan Kemenag Dairi, seluruh ASN di lingkup Kemenag Dairi dapat bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat dan senantiasa mengedapankan 5 nilai budaya kerja kemenag (Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung jawab, dan Keteladanan) selama menjalankan tugas pekerjaan. (lm)


Sidikalang (Humas). Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dairi mengadakan upacara peringatan HUT RI ke -76 pada selasa (17/8) di pelataran kantor Kemenag Dairi. Kasubbag TU H. Mahdi Kudadiri, S.Pd.I, MM bertindak sebagai Inspektur upacara HUT RI ke-76.

Upacara peringatan HUT RI ke-76 ini dihadiri oleh Kasi dan Penyelenggara, Pengawas, Penyuluh Fungsional serta staf dan pramubhakti pada kantor Kementerian Agama Kabupaten Dairi. Tampak hadir juga dalam upacara tersebut Ketua Dharmawanita Persatuan (DWP) Kemenag Dairi Ny. Nursaniah Saidup Kudadiri, Wakil Ketua DWP Kemenag Dairi Defie Mikarsih Angkat, S.Pd

Meski digelar secara sederhana, namun Upacara Bendera Peringatan Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kemenag Dairi berlangsung khidmat. Suasana terasa khidmat saat Bendera Merah Putih mulai dikibarkan ke ujung tiang tertinggi sembari diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Adapun yang bertindak sebagai pembaca Proklamasi adalah Kasi Pendidikan Kristen Jakaban Siregar, SE, M.AP, pembaca Undang-Undang Dasar Maslon Simatupang. Sementara untuk petugas bendera yang berjumalh 3 orang yaitu Heri Sitanggang, Monaldus Marbu, dan Lespriono Munte. (lm)


Sidikalang (Humas). Detik-detik proklamasi peringatan HUT RI ke-76 diperingati oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dairi secara virtual pada Selasa (17/8) dari aula Kemenag Dairi. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dairi Drs. H. Saidup Kudadiri, MM bersama Ketua Dharmawanita  Persatuan (DWP) Kemenag Dairi Ny. Nursaniah Saidup Kudadiri serta Kasubbag TU H. Mahdi Kudadiri, S.Pd.I, MM hadir langsung mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Kakan Kemenag Dairi  mengatakan dengan peringatan HUT RI ke-76, bangsa Indonesia bisa cepat menyelesaikan wabah pandemi Covid19 sehingga kehidupan bisa normal kembali.

Peringatan detik proklamasi di pimpin oleh Presiden Indonesia Joko Widodo sebagai Inspektur Upacara. Turut hadir dalam upacara tersebut Wakil Presiden Indonesia Maaruf Amin di halaman Istana Merdeka Jakarta.

Sementara itu, Ketua DPR RI, Puan Maharani bertugas sebagai pembaca Teks Proklamasi dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI.

Upacara juga diselingi dengan parade pesawat tempur F16 TNI Angkatan Udara sebanyak 9 pesawat dan pengibaran bendera merah putih dengan ukuran 30 x 20 oleh pasukan TNI dengan menggunakan enam helikopter.

Rangkaian jadwal upacara detik-detik Kemerdekaan RI Ke-76 berlangsung mulai pukul 0900 WIB. Sementara jadwal penurunan Bendera Merah Putih 17 Agustus 2021 berlangsung pada pukul 16.50 WIB. (lm)


Sidikalang (Humas). Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Dairi Drs. H. Saidup Kudadiri, MM menghadiri upacara peringatan HUT RI (Hari Ulang Tahun Republik Indonesia) ke- 76 di Kantor Bupati Dairi. Pada upacara yang dilaksanakan secara terbatas tersebut, Saidup Kudadiri bertindak sebagai pemimpin pembacaan doa.

Saidup Kudadiri membacakan teks doa yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama. Dalam doanya, Saidup Kudadiri mengungkapkan rasa syukur atas 76 tahun kemerdekaan bangsa dan negara Indonesia.

“Beri kami petunjuk agar peringatan proklamasi kemerdekaan ini bisa menjadi momentum merekatkan kesatuan dan persatuan.” Ucap Saidup Kudadiri

“Ya Allah, Tuhan Yang Maha Penyayang, anugrahi kami kebeningan hati dan kejernihan pikir, dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” lanjutnya.

Mewakili harapan segenap bangsa Indonesia, Saidup Kudadiri menghaturkan pengharapan kepada Allah agar negara Indonesia dihindarkan dari bencana dan marabahaya.

“Angkatlah pandemi Covid-19 ini agar kami dapat kembali beraktivitas normal. Teguhkan rasa cinta tanah air, tumbuh-suburkan tenggangrasa, solidaritas antarsesama, dan gotong royong dalam membangun bangsa. Sehingga, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh dapat diwujudkan segera. Jangan tinggalkan kami dalam kesendirian dan ketidakberdayaan. Beri kami petunjuk serta kekuatan untuk membawa negeri ini ke arah kemajuan. ” harapnya.

Di penghujung doanya Saidup Kudadiri  bermunajat dan meminta ampunkan dosa orangtua, guru-guru, para tokoh bangsa dan para pemimpin kami. “Terimalah amal dan perjuangan para syuhada bangsa kami. Mereka yang telah korbankan jiwa raga, darah dan air mata dalam upaya memerdekakan negeri ini. Masukkan mereka ke surga-Mu, muliakan kedudukan mereka di sisi-Mu,” imbuhnya.

Upacara berjalan dengan lancar dan khidmat. Bertindak selaku Inspektur Upacara pada saat itu adalah Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu. (lm)


Sidikalang (Humas). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dairi Drs. H. Saidup Kudadiri, MM didampingi Kasubbag TU H. Mahdi Kudadiri, S.Pd.I, MM menggelar rapat evaluasi dan tindaklanjut  terkait hasil audit oleh Itjen Kemenag RI. Rapat turut dihadiri oleh Kepala Seksi dan Penyelenggaraan, Bendahara, Kepala Madrasah, Kepala KUA dan Penghulu dan juga Penyuluh Fungsional dan Pengawas bertempat di aula, Senin (21/06).

Dalam arahannya Kakan Kemenag menyampaikan  pertemuan dilaksanakan guna menyikapi temuan hasil audit dan untuk segera dilakukan penyelesaian. Karena penyelesaian tindak lanjut hasil temuan ini menjadi penting dalam langkah strategis untuk meningkatkan reformasi birokrasi di Kemenag Dairi

Selain itu, Kakan Kemenag juga mengajak para peserta rapat untuk menyelesaikan pemutakhiran data hasil pemeriksaan Itjen, baik yang terkait dengan temuan pengembalian ke Negara maupun tindak lanjut yang berupa administratif. Dengan harapannya,  semoga ini  merupakan langkah, sebagai upaya penyelesaian tindak lanjut temuan agar tidak kembali mengulangi kesalahan-kesalahan yang menjadi penyebab temuan.  Dan wajib menjadikan hal tersebut sebagai pelajaran.

Untuk itu, Kakan Kemenag  meminta kepada Kasubbag TU, para Kasi/Penyelenggara untuk segera menyelesaikan apa yang menjadi catatan tim audit yang menjadi Pekerjaan Rumah (PR) untuk segera di tindaklanjuti. Baik berupa Pembuatan Standar Pelayanan Minimal (SPM), Standar Operasional Prosedur (SOP) dari semua kegiatan serta beberapa catatan  lainnya yang perlu perbaikan. (lm)


Sidikalang (Humas). Inspektorat Jenderal (Irjend) Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) melakukan audit kinerja 2.0 pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dairi. Entry meeting dilakukan sebagai proses awal jalannya kegiatan dihadiri oleh Kepala Kemenag Dairi Drs. H. Saidup Kudadiri, MM didampingi Kasubbag TU H. Mahdi Kudadiri, MM, para Kasi dan Penyelenggaraan, mewakili dari Kepala Kantor Urusan Agama (KUA), Kepala MAN, Kepala MTsN dan MIN, Bendahara, dan Bagian Kepegawaian. Tim audit kinerja 2.0 ini dipimpin oleh Pengendali Teknis Imron Fauzi, Ketua Tim Inne Saraswati Mey Lyana, dan anggota tim yang terdiri dari Abdurrahman, Iwan Awaludin dan Anisa Wahyu Tri Utami di Ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kemenag Dairi, Senin (07/06).

“Selamat datang kepada rombongan dan mohon petunjuk dan bimbingan untuk perbaikan Tupoksi kami ke depan. Dan untuk proses kelancaran proses audit, Kemenag Dairi telah menyiapkan dokumen pendukung.” ujar Saidup.

Saidup Kudadiri juga bertanya kepada Itjen tentang apakah hal-hal yang dikerjakan sudah sesuai dengan aturan atau masih ada yang salah.

“Sehingga banyak ilmu baru yang didapatkan. Dengan demikian, banyak manfaat dan ilmu yang bisa diraih dengan kedatangan tim Itjen ini”, tukas Kakan kemenag.

Sesuai surat tugas Nomor : 0870/IJ/05/2021 Tim Itjen akan melakukan audit kinerja selama 12 hari terhitung mulai dari tanggal 06 sampai 17 Juni 2021.


Sidikalang (Humas). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dairi Drs. H. Saidup Kudadiri, MMP didampingi Kasubbag Tata Usaha H. Mahdi Kudadiri, S.Pd.I dan para Kasi dan Penyelenggaraan dilingkungan Kemenag Dairi menerima kunjungan Tim Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Agama RI di Aula Kankemenag Dairi, Selasa (25/05). Dihadiri seluruh KepalaKUA, Kepala Madrasah Negeri se Kabupaten Dairi.

 Dalam sambutannya, Saidup Kudadiri dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan selamat datang serta menyambut baik dan bersyukur dan terima kasih terutama atas kehadiran kunjungan Tim Itjen Kemenag RI dalam rangka pelaksanaan Pendampingan Persiapan Pelaksanaan Audit Kinerja Penyelenggaraan Tugas dan Fungsi Tahun Anggaran 2020 pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dairi, Propinsi Sumatera Utara.

Kakan Kemenag berharap dengan kedatangan tim bisa semakin memotivasi sekaligus bisa menyempurnakan dokumen laporan pertanggungjawaban  yang nantinya akan di audit.

Sementara itu Harnoko selaku Pengendali Teknis menyampaikan pendampingan dilakukan terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi pada  Kantor Kemenag Dairi Tahun 2020, dengan  ruang lingkup  fungsi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi  dan pelaporan, serta pencapaian hasil dari seluruh rencana kerja dan anggaran di Kemenag Dairi.

“Audit Kinerja bertujuan untuk menilai tingkat ekonomis, effesiensi dan efektivitas kinerja Satker. Kemudain memberikan nilai tambah sebagai masukan untuk perbaikan” terang Harnoko.

Adapun Tim Itjen yang melakukan kunjungan terdiri dari 4 orang diantaranya Kusoy selaku Penanggung Jawab, Harnoko selaku Pengendali Teknis, Tri Kurnianto Muhammad Abdu selaku Ketua Tim, Tri Juliawan dan Taufiq Kurohman sebagai Anggota dengan Surat Tugas Nomor : 0798/IJ/05/2021 dan akan melaksanakan melaksanakan tugas tanggal 23 sampai dengan 31 Mei 2021. (lm)


Sidikalang (Humas). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dairi Drs. H. Saidup Kudadiri, MM Kamis (27/05) menggelar rapat pasca Kegiatan Pembinaan dan Pendampingan Audit Kinerja Tahun Anggaran 2020, Rabu (26/05) kemarin oleh tim dari Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Agama RI, untuk masing-masing seksi di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dairi.

Rapat kali ini dihadiri oleh Kepala Seksi/Penyelenggaraan, Kepala Madrasah, Kepala KUA, Pengawas, dan Penyuluh. Rapat berlangsung tepat pada pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 11.30 WIB. Bertempat di aula Kemenag Dairi.

Kepala Kemenag Saidup Kudadiri menyampaikan bahwa apa yang telah diperoleh usai mengikuti Pendampingan Audit Kinerja tersebut ingin segera diterapkan oleh masing-masing seksi.

“Dairi hasil pendampingan tampaknya masih ada kekurangan yang belum sesuai dengan apa yang telah disampaikan oleh tim Itjen” sebut Kakan Kemenag.

Saidup Kudadiri menegaskan untuk masing-masing seksi agar mempersiapakan dan melengkapi dan menyusun kembali laporannya dan memeriksa ulang kelengkapannya. Semua saling bekerjasama dan membantu dalam penyusunan dan pemeriksaan laporan yang sudah ada. Sehingga saat pelaksanaan nanti diharapkan semua berkas yang dibutuhkan telah disiapkan dengan sebaik-baiknya sehingga pemeriksaan bisa berjalan dengan lancar tanpa ada kendala dan temuan yang berarti. Tegas Saidup Kudadiri diakhir arahannya.

Dairi pantauan humas, hingga saat ini memang suasana di Kantor Kemenag Dairi tampak lebih sibuk dari biasanya. “Bentuknya hanya memeriksa kembali laporan yang sudah ada apakah sudah sesuai atau belum, sekaligus memeriksa apakah masih ada yang kurang atau tidak kelengkapannya. (lm)


Sambut Kedatangan Tim Irjen, Kasubbag TU Kemenag Dairi Gelar Rapat
Sidikalang (Humas). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dairi melalui Kasubbag TU H. Mahdi Kudiri, MM menggelar pertemuan di Aula Kemenag Dairi. Pertemuan tersebut digelar terkait rencana kedatangan tim Inspektorat Jenderal (Irjen) Kementerian Agama RI di Kemenag Dairi, Rabu (19/5).

Kasubbag TU dalam arahannya menyampaikan harapan kiranya seluruh pemangku pelaksana jabatan bekerja maksimal menuntaskan beberapa hal yang menjadi agenda penting jelang kedatangan Tim Irjen Pusat.

Mahdi menambahkan audit kinerja ini sesungguhnya bukan hal baru. Audit ini sebagai bentuk pengawasan dari Kementerin Agama Republik Indonesia terkait pelaksanaan tugas dan fungsi dan bagaimana kinerja yang dilakoni oleh ASN Kementerian Agama. Sehingga kita harus siap memberikan informasi yang disertai data yang akurat, berupa laporan keuangan yang meliputi belanja gaji, belanja modal dan belanja barang dalam dua tahun terakhir (2020 dan 2019), tambahnya.

Untuk itu, beliau meminta agar mempersiapkan segala dokumen yang diperlukan sehingga sudah tersedia ketika diminta. Mari kita memberikan pelayanan terbaik kepada mereka baik dari kedatangan hingga kepulangannya nanti, tegas Mahdi Kudadiri. (lm)


Sidikalang (Humas). Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke 113, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dairi dalam kesempatan ini dipimpin oleh Kasubbag Tata Usaha H. Mahdi Kudadiri, MM didampingi para kasi dan penyelenggara beserta ASN Kemenag Dairi mengikuti kegiatan Upacara Bendera, Kamis (20/05) di aula Kemenag Dairi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada pukul 07.30 WIB di lapangan parkir utama Kominfo.

Kebangkitan Nasional diperingati bersama oleh seluruh rakyat Indonesia karena merupakan tonggak sejarah bangkitnya semangat nasionalisme persatuan, kesatuan dan kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Negara Indonesia

Tema Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke-113 tahun ini adalah “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!”. Tema ini dipilih sebagai pengingat bahwa semangat Kebangkitan Nasional dapat mengajarkan kita untuk selalu optimis dalam menghadapi masa depan.

Selain itu, bersama-sama kita juga bisa menghadapi semua tantangan dan persoalan sebagai penerus ketangguhan bangsa.

Tujuan peringatan 113 tahun Kebangkitan Nasional adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong-royong kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan.

Serta selalu optimis menghadapi masa depan, untuk mempercepat pulihnya bangsa kita dari pandemi Covid-19.

Kasubbag TU Mahdi Kudadiri melalui tema “Bangkit! Kita Bangsa yang Tangguh!” mengajak kepada seluruh ASN Kemenag Dairi untuk bangkit bersama dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sehingga Indonesia segera pilih dari Pandemi ini.

Upacara hari Kebangkitan Nasional diperingati oleh ASN Kemenag Dairi dengan mengedapankan Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19, mencuci tangan sebelum memasuki ruangan dan mengenakan masker dan menjaga jarak. (lm)

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com