Penulis: admin


Sidikalang (Humas). Memperingati Hari Kesadaran Nasional (HKN), Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dairi melaksakannya dengan menggelar upacara bendera. Untuk upacara kali ini, Jumat (17/09), Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dairi Drs. H. Saidup Kudadiri, MM bertindak sebagai pembina upacara.

Sementara itu untuk petugas yang terdiri dari pemimpin upacara, pembaca tata tertib, pembaca kode etik, panca prasetya, ajudan dan pembawa do’a diisi oleh jajaran kepala KUA dan Penghulu. Para peserta upacara HKN terdiri dari seluruh Kepala Seksi (Kasi), Penyuluh, Pengawas dan ASN di lingkup Kemenag Dairi, Pramubhakti serta para siswa/i Prakerin.

Dalam sambutannya, Kakan Kemenag Dairi mengemukakan, Hari Kesadaran Nasional yang diperingati pada tanggal 17 setiap bulannya memiliki makna penting untuk memantapkan kualitas pengabdian serta meningkatkan kecintaan kepada bangsa dan negara.

Selain itu, dikatakan Kakan Kemenag, Hari Kesadaran Nasional dilaksanakan sebagai salah satu wujud nyata pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan kepada kita semua sebagai aparatur negara.

Selanjutnya, Kakan Kemenag, Hari Kesadaran Nasional merupakan momentum untuk adanya perubahan kearah positif, mulai dari disiplin, dalam peningktan kwalitas kinerja, sehingga performance Kemenag Dairi ke depan semakin baik dan meningkat dan mendapat tempat dihati masyarakat.

Diakhir sambutan Kakan Kemenag Dairi, seluruh ASN di lingkup Kemenag Dairi dapat bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat dan senantiasa mengedapankan 5 nilai budaya kerja kemenag (Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung jawab, dan Keteladanan) selama menjalankan tugas pekerjaan. (lm)


Sidikalang (Humas). Bimas Katolik Kantor Kantor Kementerian Agama Kab. Dairi menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Katolik Tingkat Dasar Angkatan II. Kegiatan dilaksanakan di Rosin Palm Cafe and Resto, Sidikalang, Dairi Kamis (16/09).

Kegiatan pembinaan dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dairi, Drs. H. Saidup Kudadiri, MM  didampingi Kepala Seksi Bimas Katolik Antoni Petrus Silalahi, SE.

Dalam sambutannya, Kakan Kemenag memberikan arahan dan bimbingan. Beliau menekankan pentingnya kesadaran guru akan tugaa dan tanggung jawab.

“Guru harus menyadari tugas dan tanggungjawabnya sebagai guru, sebagai guru profesional. Rasa tanggungjawab terhadap pendidikan dan masa depan anak harus disadari. Ini akan mendorong guru untuk melakukan yang terbaik, sesulit apapun keadaan, pasti tetap bekerja”, pungkas Kakan Kemenag dalam arahannya.

Kakan Kemenag berharap guru mengikuti pembinaan dengan sungguh sehingga berdampak positif untuk meningkatkan kompetensi guru, terutama di masa pandemi ini.

Setelah bimbingan dan arahan kepala kantor, kegiatan dilanjutkan dengan materi dari narasumber, Bernandus Munte, S.Ag. M.Pd., guru agama katolik di SMA Negeri 1 Sidikalang.

Bernandus Munte memaparkan
strategi pembelajaran kreatif pada pembelajaran jarak jauh. Salah satu strategi yang dikupas tuntas dan dipraktekkan bersama peserta adalah penggunaan google formulir dalam pembelajaran.

Bernandus Munte memberi penjelasan pengunaan dan manfaatnya dalam pembelajaran jarak jauh. Beliau menuntun peserta menyajikan bahan evaluasi pembelajaran, seperti membuat soal atau kuis yang menarik dan memudahkan guru memberi penilaian. Peserta mengikuti dengan praktek langsung menggunakan google formulir di laptop masing-masing. (lm)


Sidikalang (Humas). Seksi Bimas Katolik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dairi menyelenggarakan Pembinaan Peningkatan Kompetensi Guru Agama Katolik Tingkat Dasar di Rosin Palm Cafe And Resto Sidikalang, pada Rabu (15/09).

Pembinaan ini diikuti oleh guru agama katolik sebanyak 25 orang yang terdiri dari guru pengangkatan kemenag, pemda maupun honorer.

Kegiatan Pembinaan dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dairi Drs. H. Saidup Kudadiri, MM. Dalam sambutannya, Kakan menekankan pentingnya guru meningkatkan kompetensinya sebagai pendidik dan pengajar. Perangkat aplikasi sebagai hasil kemajuan teknologi hendaknya dipakai sebagai sarana media pembelajaran, apalagi di tengah pandemi ini, yang membatasi pergerakan dan perjumpaan tatap muka dengan anak didik.

Materi pembinaan diberikan oleh narasumber Bernardus Munte, S.Ag., M.Pd. Beliau mengajak dan menuntun guru menggunakan aplikasi-aplikasi seperi Google Classroom, Zoom Meeting sebagai media pembelajaran daring. (lm)


Sidikalang (Humas). Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sidikalang mengadakan kunjungan ke MAN Dairi disambut baik oleh Wakil Kepala MAN Dairi Zulkifli Fahmi, SS, Kamis (9/9).

Kepala KPPN Sidikalang Nova Juliana Sianturi dalam kata sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah disambut baik oleh MAN Dairi yang dapat langsung bertatap muka dengan siswa/i MAN Dairi dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam kunjungan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Sidikalang terhadap Siswa MAN Dairi mengenalkan tugas dan fungsi KPPN tersebut sehingga siswa dapat mengerti apa aja menjadi fungsi dan tugas KPPN tersebut dalam mensejahterakan masyarakat.

Dengan demikian siswa MAN Dairi sangat antusias dalam mendengarkan materi yang disampaikan oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Sidikalang, dengan materi dan pelajaran yang di sampaikan oleh pemateri tersebut semoga menjadi ilmu yang bermanfaat.

Sosialisasi tersebut  diadakannya materi dan kuis terhadap siswa/i dengan keaktifan siswa tersebut bertanya silih berganti menjadi semangat.Harapan Siswa MAN Dairi dengan  kunjungan KPPN Sidikalang semoga berkelanjutan untuk hari ke depannya jangan sampai disini.


Sidikalang (Humas). Seksi Bimas Katolik Kantor Kementerian Agama KabupatenDairi menerima kunjungan kerja Pembimas Katolik Kanwil Kemenag Provinsi Sumut, Selasa (24/08).

Kasi Bimas Katolik Antoni Petrus Silalahi, SE bersama pengawas dan penyuluh menyambut rombongan pembimas di ruangan Seksi Bimas Katolik. Bersama Bapak Pembimas Pendi Justianus Lukas Sinurat, M.Pd, turut hadir Ibu Pinta Pandiangan, M.AP dan Rommel Rajagukguk, SE.

Dalam kunjungannya, Pendi berharap kepada Seksi Bimas Katolik di Dairi untuk selalu meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada umat di daerah, serta tetap menerapkan nilai budaya kerja Kementerian Agama, yaitu Integritas, profesionalitas, inovasi, tanggungjawab dan keteladanan.

Pendi juga menekankan untuk selalu berkoordinasi dan menjalin kerjasama yang baik dengan pastor paroki, sebagai mitra kerja. Umat yang dilayani pastor itu juga yang dibimbing oleh bimas katolik. “Kita harus bersinergi dengan Gereja, dengan Paroki” tandasnya. (lm/mm)


Sidikalang (Humas).  MAN Dairi mengirimkan 6 peserta untuk mengikuti Kompetensi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2021 tingkat Kabupaten/ Kota yang dilaksanakan pada hari Sabtu 21 Agustus 2021 KSM yang diikuti secara daring di lokasi MAN Dairi dimulai pukul 07.30-14.30 WIB secara 3 sesi.Kegiatan KSM berjalan dengan lancar.

KSM tersebut berlangsung dalam tiga sesi. Tiap sesinya dilaksanakan untuk dua bidang dan peserta berbeda. Peserta atas nama Mutia A Limbong bidang study Matematika, Nazwa Y Solin bidang study Biologi, Tia H Bangun bidang study Kimia,Siti R Banurea bidang study Fisika,Alawiyah Manik bidang study Ekonomi, dan Hidayat N Sinurat bidang study Geografi. Kegitan tersebut didampingi oleh operator MAN Dairi Sawal Dabutar, S.Sos.I

Kepala MAN Dairi Safaruddin, S.Ag menyampaikan kepada siswa agar tidak terburu-buru dalam mengerjakannya, sehingga mendapat nilai yang bagus, dan berharap siswa MAN Dairi meraih prestasi.


Sidikalang (Humas). MAN Dairi mengadakan Simulasi Kompetisi Sains Madrasah (KSM)  Tahun 2021 di Ruang Pegawai MAN Dairi , Rabu 18/8.

Dalam arahan Syafaruddin, S.Ag menyampaikan bahwa sebelum pelaksanaan simulasi KSM siswa melaksanakan bimbingan dan penguatan bagi peserta dan juga operator yang akan mengikuti simulasi KSM.Simulasi akan memberikan pengalaman pada siswa sehingga siswa sudah terbiasa pada saat KSMO.

Beliau juga mengatakan sudah lama mempersiapkan peserta yang ikut dalam Kompetisi Sains Madrasah yang dianggap sangat berpotensi meraih juara.”Diharapkan melalui ajang ini siswa/i dapat terus termotivasi untuk belajar dalam meraih prestasi” ungkapnya.

Sawal Dabutar, S.Sos.I  sebagai admin menyampaikan tiga nama siswa yang mengikuti KSM tersebut di antaranya Mutia, Nazwa dan Taufik Hidayat.

Salah satu siswa MAN Dairi Mutia mengatakan selama mengikuti simulasi tidak ada kegagalan dalam login semua berjalan dengan lancar, mereka sangatlah bangga dapat mengikuti KSM tersebut yang di percayakan membawa  nama MAN Dairi. 


Sidikalang (Humas). Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke -76 tepatnya tanggal 17 Agustus 2021, Penyuluh Agama Kristen Non PNS Kemenag Dairi mengadakan beberapa jenis perlombaan untuk kelompok binaan di desa-desa yang berada dalam wilayah zona hijau dengan cara dibatasi dan sederhana. Kegiatan tersebut dilaksanakan Selasa (17/8) di Komplek SKB Panji Sitinjo, sehubungan dengan ditiadakannya perlombaan atau acara yang biasanya dilombakan dalam memeriahkan HUT RI di Kecamatan, Sekolah, maupun desa-desa karena situasi pandemic Covid-19.

Agar suasana semangat kemerdekaan itu tetap terjaga, maka Penyuluh Agama Kristen yang wilayah binaannya masuk ke dalam zona hijau mengadakan lomba hanya untuk kalangan kecil yakni kelompok binaan yang berjumlah 10 orang. Lomba lari sambil bawa guli, makan kerupuk, dan lari goni mewarnai kemeriahan kemerdekaan kali ini yang dilaksanakan di halaman lapangan terbuka dengan tetap menjaga jarak. Beberapa Penyuluh yang lain di tempat yang berbeda juga mengisi kemerdekaan dengan kebersihan lingkungan gereja, cerdas cermat, menyanyikan lagu-lagu nasional, upacara singkat, dan lain-lain.

Semua anggota kelompok binaan yang ikut dalam perlombaan tersebut antusias dan bersemangat mengikuti lomba sehingga seluruh daya dan tenaga, kerjasama yang baik dikerahkan dengan harapan menjadi pemenang. Suasana sukacita juga puas tampak dalam raut wajah mereka. Peserta kelompok binaan berdoa dan berharap pandemic ini segera berakhir sehingga memeriahkan Kemerdekaan RI untuk tahun yang akan datang lebih meriah dan semarak lagi di semua tempat.

“Kita telah melihat betapa semangatnya anak-anak memeriahkan Kemerdekaan ini. Hal ini menandakan bahwa mereka rindu suasana kemerdekaan seperti sedia kala. Kita juga memberi pengertian kepada mereka bahwa para pahlawan bangsa ini juga bersusah payah dan mengerahkan semuanya untuk mempertahankan bangsa ini. Maka tugas kita sebagai generasi penerus adalah mengisinya dengan belajar keras, mencintai negara kita dan menjaga persatuan” ungkap Wardianto selaku Penyuluh.

Di akhir acara, para pemenang pun diberi hadiah ala kadarnya. Hadiah yang tidak dilihat dengan nilai, tapi berisi dengan sukacita dan kebersamaan. (lm)


Sidikalang (Humas). Dalam Rangka Memperingati HUT RI Ke-76 MAN Dairi tetap Melaksanakan Upacara Bendera ditengah Pandemi Covid-19 ini pada pukul 08.00 wib sampai dengan selesai , dalam upacara tersebut peserta  hanya guru dan staf dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Adapun sebagai Inspektur Upacara Kepala MAN Dairi Syafaruddin , S.Ag . Selasa (17/8).

“Walaupun dalam kondisi seperti ini kita tetap semangat dalam mendidik siswa kita melalui daring proses belajar mengajarnya dan kita tetap menghargai para pejuang kita dalam memperlihatkan kedisiplinan dan kekhidmatan dalam melaksanakan upacara HUT RI ke-75 ini.” ujar Kepala MAN Dairi saat menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada guru-guru dan staf.

Setelah sesi pertama upacara dilapangan MAN Dairi kemudian seluruh guru dan staf mengikuti detik-detik Upacara HUT RI ke-76 secara virtual di Ruang Guru MAN Dairi.

Dalam peringatan HUT RI Ke 76 siswa MAN Dairi juga turut sebagai peserta PASKIBRA tingkat  Provinsi atas nama Agung Kusprastio kelas XI IPA 2

Dalam Upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke-76 tersebut berlangsung di lapangan MAN Dairi dengan hening dan tertib.


Sidikalang (Humas). Pelaksanaan upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia jajaran Kantor Urusan Agama Kecamatan Sidikalang berlangsung penuh khidmat. Upacara dilaksanakan di halaman KUA Kecamatan Sidikalang, Selasa (17/8).

Bertindak sebagai inspektur upacara mewakili Plt. KUA Kecamatan Sidikalang, Khairil Anwar, S.H.I. unsur peserta terdiri dari Penghulu, Staf KUA, Penyuluh Agama Islam Honorer, serta Pramubakti.

Dalam amanatnya, inspektur upacara mengatakan bahwa kemerdekaan haruslah diseleraskan dengan nilai-nilai budaya kerja Kementerian Agama RI dalam melaksanakan tugas. “Momentum kemerdekaan RI ke-76 yang kita peringati hari ini, menjadi tolok ukur kita sebagai pegawai Kementerian Agama RI untuk mengaplikasikannya dalam nilai-nilai budaya kerja instansi kita. Dengan demikian nilai kemerdekaan menjadi lebih bermakna untuk masyarakat,” jelas inspektur upacara.

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia juga turut diwarnai pembacaan naskah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, sebagai untaian dan kilas sejarah perjuangan bangsa Indonesia menggapai kemerdekaan. (lm/hs)

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com