Kategori: Berita Madrasah


Sidikalang (Humas). Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-93 siswa MAN Dairi ikut serta dalam Fashion Show yang diselenggarakan di Balai Budaya Kota Sidikalang, 29/10/21.

Kegiatan Hari Sumpah Pemuda diadakan perlombaan Fashion show terdiri antar beberapa sekolah dan MAN Dairi meraih juara I dan III, atas nama Siti Rahmawati Banurea kelas XII meraih juara I dengan membawakan pakaian Sumatera Barat/Padang dan Gladyola Situmorang kelas I meraih Juara III dengan membawakan pakaian Batak Phak-pak.

Syafaruddin, S.Ag selaku Kepala Madrasah mengatakan merasa bangga dengan prestasi yang diraih siswa MAN Dairi di Hari Sumpah Pemuda tahun ini,”dan saya merasa terharu dan berterima kasih kepada Bapak Bupati Dairi karena Siti Rahmawati Banurea sebagai juara I di Nobatkan sebagai Duta Ulos di Kabupaten Dairi “harapan saya semoga siswa MAN Dairi kedepannya menunjukkan dan meningkatkan prestasinya terutama mempertahankanya, ujarnya.

Dan kepala MAN Dairi juga berterima kasih kepada Guru yang membimbing dan mendampingi siswa MAN Dairi sampai selesai.


Sidikalang (Humas). Siswa MAN Dairi menerima vaksinasi dosis pertama dari alumni AKBRI kota Sidikalang bekerja sama dengan Puskesmas kota Sidikalang, dalam upaya untuk mencegah penularan virus Covid-19, Rabu (27/10).

Kegiatan Vaksinasi ini dihadiri Wahyudi selaku Kapolres Dairi beserta rombongan.Dilakukannya vaksinasi tersebut sebagai salah bentuk upaya tindaklanjut pemerintah untuk usia 12-18 tahun dalam memenuhi herd immunity atau kekebalan kelompok dalam mengatasi pandemi Covid-19 ini, ujarnya Kapolres.

Syafaruddin, S.Ag selaku Kepala Madrasah mengatakan bahwa siswa yang mengikuti vaksinasi dosis pertama berjumlah 604 siswa mulai kelas X, XI dan XII, “sebelumnya telah diadakan vaksinasi  bagi peserta didik dari tim medis Puskesmas Huta Rakyat dan dilanjutkan yang belum vaksinasi pertama dari tim AKBRI Kota Sidikalang.

Dan kepala MAN Dairi berterima kasih kepada Kapolres Dairi dan seluruh tim yang telah bekerja keras dan bekerja sama dalam vaksinasi kepada siswa MAN Dairi.


Sidikalang (Humas). Siswa MAN Dairi siap melaju ke Tingkat Nasional dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2021 yang sebelumnya bersaing ditingkat Provinsi Sumatera Utara dan mendapat juara 1 bidang studi Fisika Terintegrasi atas nama Siti Rahmawati Banurea, Senin,18/10.

Dalam menerima penghargaan kemarin yang diadakan di MTSN 2 Medan turut di dampingi oleh Kepala MAN Dairi, Kesiswaan, dan Bendahara juga foto bersama dengan Drs.H.Saidup Kudadiri sebagai Kepala Kemenag Dairi dan  H.Inur Sagala sebagai Kasi Pendis Kemenag Dairi.

Kepala MAN Dairi Syafaruddin, S.Ag mengungkapkan rasa bangganya terhadap siswa MAN Dairi atas prestasi pada bidangnya masing-masing. Semoga kedepan akan terus menghasilkan prestasi yang cemerlang untuk MAN Dairi “Selamat kepada siswa kami yang berhasil melanjut ke tingkat Nasional, tentunya berharap siswa MAN Dairi menang dalam KSM ini, ujarnya.

Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada guru pembimbing,wali kelas, dan juga operator madrasah, berkat kerja sama dan kesabaran kita semua bisa berjalan dengan lancar,” ujarnya.


Sidikalang (Humas). Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sidikalang mengadakan kunjungan ke MAN Dairi disambut baik oleh Wakil Kepala MAN Dairi Zulkifli Fahmi, SS, Kamis (9/9).

Kepala KPPN Sidikalang Nova Juliana Sianturi dalam kata sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah disambut baik oleh MAN Dairi yang dapat langsung bertatap muka dengan siswa/i MAN Dairi dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam kunjungan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Sidikalang terhadap Siswa MAN Dairi mengenalkan tugas dan fungsi KPPN tersebut sehingga siswa dapat mengerti apa aja menjadi fungsi dan tugas KPPN tersebut dalam mensejahterakan masyarakat.

Dengan demikian siswa MAN Dairi sangat antusias dalam mendengarkan materi yang disampaikan oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Sidikalang, dengan materi dan pelajaran yang di sampaikan oleh pemateri tersebut semoga menjadi ilmu yang bermanfaat.

Sosialisasi tersebut  diadakannya materi dan kuis terhadap siswa/i dengan keaktifan siswa tersebut bertanya silih berganti menjadi semangat.Harapan Siswa MAN Dairi dengan  kunjungan KPPN Sidikalang semoga berkelanjutan untuk hari ke depannya jangan sampai disini.


Sidikalang (Humas).  MAN Dairi mengirimkan 6 peserta untuk mengikuti Kompetensi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2021 tingkat Kabupaten/ Kota yang dilaksanakan pada hari Sabtu 21 Agustus 2021 KSM yang diikuti secara daring di lokasi MAN Dairi dimulai pukul 07.30-14.30 WIB secara 3 sesi.Kegiatan KSM berjalan dengan lancar.

KSM tersebut berlangsung dalam tiga sesi. Tiap sesinya dilaksanakan untuk dua bidang dan peserta berbeda. Peserta atas nama Mutia A Limbong bidang study Matematika, Nazwa Y Solin bidang study Biologi, Tia H Bangun bidang study Kimia,Siti R Banurea bidang study Fisika,Alawiyah Manik bidang study Ekonomi, dan Hidayat N Sinurat bidang study Geografi. Kegitan tersebut didampingi oleh operator MAN Dairi Sawal Dabutar, S.Sos.I

Kepala MAN Dairi Safaruddin, S.Ag menyampaikan kepada siswa agar tidak terburu-buru dalam mengerjakannya, sehingga mendapat nilai yang bagus, dan berharap siswa MAN Dairi meraih prestasi.


Sidikalang (Humas). MAN Dairi mengadakan Simulasi Kompetisi Sains Madrasah (KSM)  Tahun 2021 di Ruang Pegawai MAN Dairi , Rabu 18/8.

Dalam arahan Syafaruddin, S.Ag menyampaikan bahwa sebelum pelaksanaan simulasi KSM siswa melaksanakan bimbingan dan penguatan bagi peserta dan juga operator yang akan mengikuti simulasi KSM.Simulasi akan memberikan pengalaman pada siswa sehingga siswa sudah terbiasa pada saat KSMO.

Beliau juga mengatakan sudah lama mempersiapkan peserta yang ikut dalam Kompetisi Sains Madrasah yang dianggap sangat berpotensi meraih juara.”Diharapkan melalui ajang ini siswa/i dapat terus termotivasi untuk belajar dalam meraih prestasi” ungkapnya.

Sawal Dabutar, S.Sos.I  sebagai admin menyampaikan tiga nama siswa yang mengikuti KSM tersebut di antaranya Mutia, Nazwa dan Taufik Hidayat.

Salah satu siswa MAN Dairi Mutia mengatakan selama mengikuti simulasi tidak ada kegagalan dalam login semua berjalan dengan lancar, mereka sangatlah bangga dapat mengikuti KSM tersebut yang di percayakan membawa  nama MAN Dairi. 


Sidikalang (Humas). Dalam Rangka Memperingati HUT RI Ke-76 MAN Dairi tetap Melaksanakan Upacara Bendera ditengah Pandemi Covid-19 ini pada pukul 08.00 wib sampai dengan selesai , dalam upacara tersebut peserta  hanya guru dan staf dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Adapun sebagai Inspektur Upacara Kepala MAN Dairi Syafaruddin , S.Ag . Selasa (17/8).

“Walaupun dalam kondisi seperti ini kita tetap semangat dalam mendidik siswa kita melalui daring proses belajar mengajarnya dan kita tetap menghargai para pejuang kita dalam memperlihatkan kedisiplinan dan kekhidmatan dalam melaksanakan upacara HUT RI ke-75 ini.” ujar Kepala MAN Dairi saat menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada guru-guru dan staf.

Setelah sesi pertama upacara dilapangan MAN Dairi kemudian seluruh guru dan staf mengikuti detik-detik Upacara HUT RI ke-76 secara virtual di Ruang Guru MAN Dairi.

Dalam peringatan HUT RI Ke 76 siswa MAN Dairi juga turut sebagai peserta PASKIBRA tingkat  Provinsi atas nama Agung Kusprastio kelas XI IPA 2

Dalam Upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke-76 tersebut berlangsung di lapangan MAN Dairi dengan hening dan tertib.


Sidikalang (humas). Sebanyak 9 siswa MAN Dairi mengikuti KSN (Kompetisi Sains Nasional) tingkat Kabupaten/Kota Jenjang SMA Tahun 2021 yang diadakan di MAN Dairi, Kompetisi Sains Nasional dilaksanakan selama 2 hari mulai hari Kamis dan Jumat pukul 08.00 sampai dengan pukul 11.00 wib.Kamis, (03/06).

“Saya merasa bangga karena siswa yang selama ini dipercayakan mampu  bersaing di Kabupaten mudah-mudahan dalam kompetisi ini siswa MAN Dairi dapat meraih juara.” ujar Kepala MAN Dairi  Syafaruddin,S.Ag. 

Adapun nama-nama siswa MAN Dairi yang mengikuti KSN (Kompetisi Sains Nasional) yaitu, Dinda ayu Arini Chaniago, Siti Rahmawati Banurea, Mutia Rahmadini Limbong, Siti Rahayu Nadeak, Nazwa Yasmine Safiqah Solin, Silvina Maha, Imam Ismadi Lubis, Ida Afriani Pasi dan Yemmi Sofia BR Ginting. Selama mengikuti KSN peserta tetap mematuhi protocol kesehatan.

M.Aly Safiyi Pasaribu, S.Pd selaku proktor mengatakan kegiatan persiapan menjelang pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional tahun 2021 sebelumnya dilakukan pemasangan dan Instalasi jaringan konektivitas perangkat Hardware dan Software dari seluruh jaringan agar pelaksanaa KSN dapat berjalan dengan lancar.


MAN Dairi Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional
Sidikalang (Humas). Menindaklanjuti Surat Edaran No.003.3/4413/2021 Gubernur Sumatera Utara tanggal 17 Mei 2021 Undangan Virtual Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional. MAN Dairi Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), seluruh guru dan pegawai melaksanakan upacara secara virtual di Ruang guru MAN Dairi hari ini pukul 07.30 wib sampai dengan selesai. Kamis, 20/05.

MAN Dairi tetap melaksanakan Upacara Hari Kebangkitan Nasional ditengah Pandemi Covid-19 ini dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Syafaruddin, S.Ag selaku kepala MAN Dairi menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada guru-guru dan staf, walaupun dalam kondisi seperti ini kita tetap bersemangat dalam persatuan lahirnya Harkitnas itulah yang menjadi alasan kuat bangsa ini untuk introspeksi, dan mengedepankan nasionalisme dalam menghadapi problematika yang muncul. Ujarnya.

Dalam Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional tersebut berjalan dengan baik tanpa kendala.


Sidikalang (Inmas). Suasana penuh haru mewarnai acara perpisahan guru kelas MIN 1 Dairi yang purna bakti. Pengabdian selama 30 tahun, sebagai Guru DPK dari Dinas Pendidikan yang telah mengabdi di MIN 1 Dairi yang setiap hari bertatap muka selama bertahun-tahun, tentunya memberikan kesan mendalam terlebih lagi guru adalah orang tua bagi para siswanya di sekolah.

“Bahagia telah tunainya melaksanakan tugas selama 30 tahun,” demikian disampaikan Kepala MIN 1 Dairi saat melepas Lidia Sitanggang yang telah memasuki purna bakti di Halaman MIN 1 Dairi yang disaksikan oleh seluruh guru dan siswa – siswi MIN 1 Dairi, Sabtu, 11 Januari 2020

Dalam sambutannya Kamidun mengatakan purna bakti ini juga merupakan sebuah pencapaian dari sebuah pengabdian yang dilakukan selama menjadi guru dan sudah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan kontribusi mencerdaskan bangsa melalui dunia Pendidikan. “Tunai sudah semua pengabdian selama ini untuk mencerdaskan anak bangsa. Tiga puluh tahun tahun bukan waktu yang sebentar sebagai guru, banyak suka dan duka yang dirasakan pengabdiannya selama ini kepada dunia pendidikan dan masyarakat,” kata Kamidun.

Dipenghujung sambutannya, Kepala MIN 1 Dairi mengucapkan terima kasih kepada Lidia atas segala sumbangsih dan kontribusi selama ini bagi dunia pendidikan dan permohonan maaf atas nama keluarga besar MIN 1 Dairi. Sementara Lidia Sitanggang yang memasuki masa purna bakti ini mengatakan merasa terharu atas acara yang dilaksanakan ini.

Dia mengatakan selama 30 tahun berkarir sebagai guru banyak suka dan duka yang dirasakan. Dirinya paham betul keberadaan sekolah waktu pertama kali berdiri, yang awalnya hanya ruang kelas yang sangat sederhana, sampai dirinya memasuki masa purna bakti tidak pernah dipindah tugaskan ke sekolah lain.

Lidia juga mengatakan sebagai manusia biasa, sudah tentu dalam mengabdi sebagai guru sekolah, banyak kekurangan dan kekhilafan dalam hal tingkah laku, tutur kata, yang disengaja atau tidak.

Demikian pula dalam hal melayani anak-anak, banyak sekali kekurangannya, “Untuk itu saya minta dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya,” katanya.

Di akhir sambutannya, Lidia menitipkan pesan kepada semua guru-guru yang masih mengajar di MIN 1 Dairi agar tetap semangat dalam mencerdaskan anak bangsa melalui dunia Pendidikan dan didiklah anak itu seperti anak sendiri. “Didiklah anak-anak dengan baik dan sabar seperti layaknya kita mendidik anak sendiri,” tutupnya.

Acara pelepasan masa purna bakti tersebut diakhiri dengan pemberian bingkisan dari sekolah sebagai tanda cinta atas pengabdiannya dan diiringi dengan lagu terima kasih guruku. (Hasan)

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com